Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  198       Komentar  0
05 Desember 2018 19:00:46

Bupati Hadiri Pencanangan Gerakan Tanam Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Pangan di Kabupaten Gunungkidul


Gunungkidul - Pencanangan Gerakan Tanam Mendukung Ketahanan Pangan Tahun 2018 oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Provinsi DIY, bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul diselenggarakan di Kelompok Tani Dusun Gading IV, Rabu (05/12).



Hj. Badingah, S.Sos, Bupati Gunungkidul dalam sambutanya menjelaskan, Kabupaten Gunungkidul dengan wilayah yang luas memiliki potensi keragaman hayati yang demikian besar. Lahan pertanian yang masih sangat terbuka, merupakan modal yang kuat untuk mewujudkan dirinya sebagai salah satu sentra produksi pangan di DIY.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, masih menempatkan pertanian dalam arti luas sebagai prioritas pembangunan dan pengembangan wilayah.

"Saya menyambut positif dan sangat mendukung Gerakan Tanam (sayur dan buah) guna mendukung ketahanan pangan, dengan memanfaatkan setiap jengkal lahan pertanian atau pekarangan yang ada di sekitar kita," ungkap Badingah, Rabu (05/12).

Menurut Badingah, pertanian masih menjadi tumpuan hidup bagi warga Gunungkidul yang sebagian besar sebagai petani.

Dengan mengusahakan atau membudidayakan tanaman pangan, seperti padi sawah dan padi gogo, palawija, sebagian kecil hortikultura, serta perkebunan dan peternakan sebagai pendukung usaha pertanian.

"Saya berharap supaya Gerakan Tanam Sayur dan Buah akan didukung oleh seluruh komponen masyarakat Gunungkidul," harapnya.

Sementara itu, Ir. Arofah Nur Indriyani, M.Si, Kepala BKPP DIY, menyampaikan, berdasarkan Susenas BPS Tahun 2017, capaian skor PPH masyarakat DIY mencapai 89,00, sedangkan skor PPH ideal adalah 100, sehingga kualitas konsumsi pangan masyarakat masih perlu ditingkatkan mendekati angka ideal.

"Pemanfaatan pekarangan dengan komoditas sayuran dan buah, untuk penyediaan pangan rumah tangga, belum dioptimalkan," terangnya.

Sayuran, menurut dia, merupakan salah satu komoditas, yang paling mudah untuk meningkatkan/mendongkrak skor PPH. Pada jumlah konsumsi sayuran dan buah-buahan di DIY, berdasarkan data Susenas cenderung mengalami penurunan. Tahun 2015 sebesar 206,7 gram/kapita/hari, Tahun 2016 : 227,4 gram/kapita/hari dan tahun 2017 : 193,2 gram/kapita/hari.

"Angka tersebut masih jauh dari angka ideal, apabila diambil angka rata-rata konsumsi sayur dan buah yang seharusnya, yakni sebesar 300 gram/kapita/hari," jelasnya.

Untuk itu perlu didorong melalui berbagai kegiatan, diantaranya melalui Gerakan Tanam (sayur dan buah), seperti yang dilaksanakan pada saat ini.

Bermaksud, sebagai upaya penyediaan pangan beragam sumber vitamin dan mineral (sayur dan buah) di masyarakat, melalui Gerakan Tanam sayur dan buah, untuk mewujudkan ketahanan pangan Bertujuan, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan potensi lahan pekarangan yang ada sebagai sumber pangan dan gizi keluarga, terutama vitamin dan mineral, agar terwujud pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Gerakan tanam (sayur dan buah) ini diselenggarakan, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di masing-masing rumah tangga. Dengan adanya gerakan tanam (sayur dan buah) ini diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan (sayur dan buah), yang dapat memberikan andil dalam mewujudkan keberagaman dan keamanan pangan dan tidak terpengaruh adanya fluktuasi harga pangan di pasaran.

Peserta Gerakan Tanam (Sayur dan Buah) ini diikuti peserta sebanyak kurang lebih 300 orang, yang terdiri dari Instansi/SKPD terkait, baik provinsi maupun kabupaten, para Penyuluh Pertanian, Kelompok Wanita Tani dan perwakilan masyarakat Kabupaten Gunung Kidul.

"Dengan biaya berasal dari anggaran APBN tahun 2018," pungkasnya. 

Turut hadir dalam acara ini, Bupati Hj. Badingah S.Sos., Kepala BKPP DIY, Ir. Arofah Nur Indriyani, M.Si, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Bambang Wisnu Broto, Camat Playen Muh. Setyawann, SH, M.Si., Camat Semin, Drs. Witanto, Camat Tanjungsari, Rakhmadian. (*tim_IKP)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar