Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  6       Komentar  0
09 Agustus 2018 16:11:41

Bupati Tinjau Pembangunan Sarana Air Bersih dan Membuka Gelar Budaya Gua Gilap


Gunungkidul - Bupati Hj. Badingah, S.Sos., Kamis, (09/08), didampingi Asisten II, Ir. Azman Latief, melakukan kunjungan kerja, meninjau pembangunan sarana prasarana air bersih di Padukuhan Cerme dan Padukuhan Prampelan I, Kelurahan Kenteng, Kecamatan Ponjong.



Sumur bor yang dibangun atas swadaya dan inisiatif warga tersebut terbukti dapat memenuhi kebutuhan akan air bagi tiga padukuhan yang selama ini saat musim kemarau mengadalkan dropping air dari pemerintah daerah dan pihak sponsor. 

Sumur dengan kedalaman 65 meter yang berada di Padukuhan Cerme dengan kapasitas debit 1,6 liter perdetik, menghabiskan biaya sebesar Rp. 109.500.000., sumber dana dari dana desa sebesar Rp. 11.000.000, sisanya dari swadaya masyarakat, sedangkan sumur
yang berada di Padukuhan Prampelan dengan kedalaman 150 meter menelan biaya sebesar 200 juta lebih itu merupakan CSR dari PT. PP Jakarta, dapat berhasil dengan baik dan mampu mencukupi kebutuhan air bersih di dua Padukuhan Prampelan I dan II.

Selain meninjau di dua lokasi pembangunan sarana air bersih Bupati juga meninjau pembangunan sarana air bersih di Padukuhan Klumpit tepatnya di area Gua Gilap, sekaligus membuka “gelar budaya Gua Gilap”. Pembangunan sarana air bersih yang diambil dari aliran sungai bawah tanah yang terdapat didalam gua tersebut, menghabiskan dana sebesar 3,4 miliyar, dibiayai dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO).

Dengan dibangunnya sarana tersebut dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih di empat padukuhan, antara lain; Padukuhan Klumpit, Padukuhan Kenteng, Padukuhan Sumberan dan Padukuhan Kanigoro Desa Tambakromo.

Namun karena belum adanya jaringan pipa untuk sambungan rumah-rumah penduduk, maka warga masyarakat ke empat padukuhan masih menggunakan air dari bak induk penampungan (reservoir) yang berada di masing-masing padukuhan.

Disamping dimanfaatkan sebagai sumber air, untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga, Gua Gilap juga dimanfaatkan sebagai obyek wisata minat khusus susur goa. 



Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada warga masyarakat atas kemandirian dan kerja kerasnya dalam pemenuhan kebutuhan air. “Saya sangat bangga dan bersyukur atas kerjasama yang baik ini, masyarakat ponjong sangat luar biasa”.

Beliau mengajak kepada kepala desa dan semua pejabat agar jujur dalam melaksanakan tugas, dan menghimbau agar masyarakat turut serta mengawasi kinerja pemerintah, agar tidak sampai tersangkut masalah hukum. Serta mengajak kepada instansi terkait untuk mendukung membantu memenuhi sarana yang belum ada, untuk kelancaran pendistribusian air bersih ini kepada warga masyarakat di Desa Kenteng.

Perihal gelar budaya dan pengembangan wisata minat khusus Bupati juga memberikan apresiasi dan dukungan, hanya saja agar tetap menjaga kearifan lokal dan pengembangan wisata yang berbasis budaya. Serta tidak lupa menyampaikan pesan agar selalu menjaga kerukunan, tingkatkan semangat gotong-royong, guyup rukun. Bila terjadi permasalahan dihimbau agar dapat diselesaikan di tingkat bawah mengedepankan asas musyawarah untuk mufakat, akan tetapi bila belum ada solusi agar segera melaporkan untuk segera ditindak lanjuti.

“Mari bersama bersinergi membangun Gunungkidul untuk kesejahteraan masyarakat, agar menjadi daerah yang maju, mandiri dan sejahtera”, pungkasnya.

 



Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar