Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  1.619       Komentar  0
12 April 2018 12:41:23

Bupati Serahkan Penghargaan Kepada Enam Desa Penulis Sejarah Desa Berbahasa Jawa




Gunungkidul - Bupati Hj Badingah SSos, menyerahkan penghargaan kepada 6 desa yang mendapatkan juara dalam penulisan sejarah desa berbahasa jawa terbaik, yang di selenggarakan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Kamis, (12/04) di Bangsal Sewoko Projo Wonosari. Enam desa tersebut yakni, Desa Ngleri yang sebagai juara I, juara II Desa Giricahyo, juara III Desa Karangrejek, juara harapan I Desa Girimulyo, harapan II Desa Girisekar dan harapan III Desa Girikarto. Juara 1 mendapat uang pembinaan sebesar 2 juta hingga juara VI mendapat sebesar 500 ribu. Kegiatan ini akan terus dilakukan oleh Dinas Kebudayaan, paling tidak target setiap tahun ada 25 buku sejarah desa yang rampung dibuat oleh masing-masing desa.Enam desa tersebut telah berhasil menyingkirkan 31 desa pesaing, yang juga telah selesai melakukan penulisan sejarah desa.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Isnaini Dekoningrum mengatakan bahwa seleksi penilaiannya cukup ketat.Semula 54 Desa yang mendapat bimbingan teknis dalam pembuatan buku sejarah desa masing-masing, akhirnya setelah diseleksi hanya 31 desa yang dapat merampungkan. kriteria yang menjadi acuan dalam penilaian antara lain; keruntutan cerita dari awal terbentuknya desa, bahasa jawa yang digunakan sudah sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa jawa, dengan sumber pembuatan dari buku sejarah Gunungkidul, pada masa Brawijaya dan tentunya sumber lisan yang dicari secara sendiri.

Disampaikan pula bahwa tujuan digelar kegiatan penulisan sejarah desa ini, tidak lain untuk lebih mengenalkan pada masyarakat mengenai awal mula terbentuknya desa, Sehingga menumbuhkan rasa memiliki, ingin menjaga dan melestarikan budaya yang ada. Selain itu, juga sebagai bentuk untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kegiatan ini akan terus dilakukan oleh Dinas Kebudayaan, paling tidak target setiap tahun ada 25 buku sejarah desa yang rampung dibuat oleh masing-masing desa.



Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta, dan memberi apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan penulisan sejarah desa kali ini, ini adalah salah satu bentuk dukungan untuk memajukan sektor pariwisata di Gunungkidul dengan memperkenalkan dan  mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Diharapkan kegiatan ini akan terus berjalan hingga kita semua masyarakat tau bagaimana sejarah desa-desa yang ada di Gunungkidul. Usai menyampaikan sambutan bupati menyerahkan penghargaan kepada para pemenang. (*tim_ikp)



Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar