Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  208       Komentar  0
16 Juni 2017 15:54:34

BPJS Ketenagakerjaan Kerjasama Dengan Puskesmas Se-Gunungkidul


Gunungkidul - Dalam rangka penanganan kecelakaan kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Gunungkidul perlu dilakukan upaya sinergi dan kerjasama antara Dinas Kesehatan melalui Puskesmas di Kabupaten Gunungkidul dengan BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersbut untuk memudahkan pengobatan dan pelayanan kesehatan apabila terjadi resiko kecelakaan kerja yang menimpa pekerja. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dibentuk dua lembaga yang menyelenggarakan program jaminan sosial, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan empat program, antara lain Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun (JP) yang diperuntukkan bagi seluruh pekerja yang bekerja di Indonesia.

Dalam rangka mensinergikan antara BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan telah dibuat Perjanjian Kerjasama (PKS) No. PER/121/062016 tentang Sinergi Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial dengan tujuan masyarakat mendapatkan perlindungan yang menyeluruh dari kedua lembaga BPJS yang ada dan menjamin kesejahteraan seluruh masyarakat.

Bertempat di Ruang Rapat V Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Jumat (16/06), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Gunungkidul melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini seluruh UPT Puskesmas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul.

Penandatangan kerjasama tersebut untuk mewujudkan program pelayanan Trauma Center bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan harapan nantinya seluruh puskesmas di Kabupaten Gunungkidul resmi menjadi Puskesmas Trauma Center yang melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan jika mengalami kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja.



 


 


Pelaksanaan penandatanganan kerjasama dilakukan secara simbolis yang diwakili Kepala Puskesmas Rawat Jalan Ngawen I dan Kepala Puskesmas Rawat Inap Girisubo.

Turut hadir dan menyaksikan pada acara kerjasama ini antara lain Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sujoko, S.Sos., M.Si., beserta jajarannya, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Ainul Kholid, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Perintis Gunungkidul Acep Yunan, Case Manager Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja dr. Ida Christina Tantia dan 30 Kepala Puskesmas se-Kabupaten Gunungkidul.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sangat mendukung sinergi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan fasilitas kesehatan baik dari pemerintah (Puskesmas) maupun pihak swasta, dengan demikian merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk memastikan warga masyarakat Gunungkidul memiliki jaminan, sehingga mempermudah mendapatkan akses kesehatan.

Harapan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dengan kerjasama ini maka jika terjadi kecelakaan kerja, Puskesmas dapat langsung melayani, apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja dapat memperoleh perawatan kelas satu tanpa dibatasi biaya, jika puskesmas tidak bisa menangani dan membutuhkan penanganan lanjut dapat dirujuk ke Rumah Sakit serta pekerja Gunungkidul yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan mendapat pelayanan sesuai indikasi medis yang tertuang pada kesepakatan perjanjian kerjasama. (Tim_ikp*)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar