Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  130       Komentar  0
14 Mei 2017 16:33:04

Wakil Bupati Nonton Bareng Pemutaran Film Perdana “Ziarah” Bersama Warga


Gunungkidul – Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. H. Imawan Wahyudi M.H.,  menyaksikan tayangan perdana (nonton bareng)  film ZIARAH bersama warga masyarakat di Balai Padukuhan Jurangjero, Kecamatan Ngawen pada Sabtu (13/05). Turut hadir dalam acara nonton bareng, Anggota DPRD Gunungkidul Eko Rustanto, Kasi Perfilman Dinas Kebudayaan DIY beserta Jajaran, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo beserta Staf, Unsur Forkopimca Kecamatan Ngawen, Sutradara Film beserta crew, dan warga masyarakat. Film besutan BW. Purba Negara ini mengisahkan tentang perjalanan Mbah Sri, seorang nenek berusia 95 tahun, yang mencari makam suaminya yang hilang pada zaman Agresi Militer Belanda ke-2. Tujuan perjalanan Mbah Sri ini sederhana saja, bahwa ia ingin dimakamkan di samping makam suaminya.
 


Wakil Bupati dan anggota DPRD foto bersama crew film.
 
Ziarah, film karya sutradara muda Yogya ini berhasil meraih empat nominasi pada ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017, yang diumumkan Kamis, (4/5) di Kuching, Sarawak, Malaysia pada rangkaian acara festival.  Empat kategori tersebut adalah Best Film, Best Screenplay, Best Director, dan Best Actress, sedang penganugerahan dari AIFFA dilaksanakan pada hari Sabtu malam, (06/05) di Kuching, Sarawak, Malaysia.
Diantara empat kategori nominasi yang didapatkan  film Ziarah, kabar yang cukup mengejutkan datang dari kategori Best Actress. Mbah Ponco Sutiyem, seorang wanita berusia 95 tahun, warga Desa Jurangjero  Kecamatan Ngawen, Gunungkidul, yang bermain sebagai tokoh utama dalam film Ziarah, dinominasikan sebagai Best Actress. Mbah Ponco bukanlah aktris professional, bahkan sebelum film Ziarah, ia tidak memiliki pengalaman akting sama sekali. Meskipun hanya seorang warga desa biasa, tetapi mbah Ponco memiliki potensi akting yang sangat bagus. Maka dipilihlah ia untuk berperan sebagai Mbah Sri dalam film Ziarah. 
Akting prima Mbah Ponco Sutiyem di film Ziarah ini ternyata benar-benar menarik perhatian dewan juri AIFFA 2017 yang terdiri dari U-Wei bin HJ. Saari (Malaysia), Maxine Williamson (Australia), Siti Kamaluddin (Brunei), Eddie Cahyono (Indonesia), dan Raymon Red (Filipina).  Dalam kategori Best Actress ini, Mbah Ponco Sutiyem  bersaing dengan nominator lainnya yaitu Ngoc Thanh Tam (The Way Station/Vietnam), Subenja Pongkorn (Bangkok Nites/Laos), Al-Al Delas Allas (Area/Filipina), dan Cut Mini (Athirah/Indonesia), dan pada akhirnya Mbah Ponco Sutiyem dinobatkan sebagai Best Actress,  jelas dang Sutradara. Disampaikan pula di akhir sambutanya bahwa di Gunungkidul banyak sekali potensi budaya, potensi sosial, dan potensi alam, yang bisa diangkat di kancah perfilman nasional. “Ini bukan film saya tetapi ini adalah film kita bersama, ini bukan film terakhir tetapi berkat dukungan, dan semangat gotong royong  warga masyarakat Gunungkidul semoga akan lebih banyak lagi potensi yang bisa digali, dan diangkat dikancah internasional.” tutur BW Purba. 
 


Pada kesempatan ini Wakil Bupati menyampaikan sambutan bahwasanya Pemerintah Daerah sangat mengspresiasi terhadap Film Ziarah ini.  Dengan adanya film ini mudah-mudahan akan membawa banyak manfaat bagi warga masyarakat, Gunungkidul akan lebih dikenal, dan tambah misuwur. ari kita ambil pesan yang baik dari film ini untuk pembelajaran bagi diri kita. Tidak lupa pada akhir sambutan, Beliau berpesan kepada seluruh warga masyarakat, Gunungkidul yang sangat terkenal dengan jiwa guyup rukun, agar selalu mengedepankan semangat gotong menjaga persatuan dan kesatuan, jangan mudah putus asa, selalu berkreasi.  Berkreasi untuk mewujudkan Gunungkidul yang maju, makmur, mandiri, dan sejahtera, pungkasnya. (tim_ikp)
 


Wakil Bupati foto bareng Dimas dan Diajeng

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

 

17 Apr 2017 s.d 22 Apr 2017
Festival Kethoprak se Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Gedung Kesenian Baleharjo Wonosari Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar