Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  866       Komentar  0
06 Oktober 2017 21:31:26

Temu Wicara, Wadah Aspirasi Warga


Gunungkidul - Temu wicara merupakan media untuk bersilaturahmi secara langsung dengan masyarakat, sekaligus menyampaikan secara langsung informasi terkait perkembangan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan oleh Bupati Gunungkidul. Juga tidak kalah pentingnya sebagai upaya untuk mendapatkan informasi ataupun saran masukan dan umpan balik dari masyarakat untuk perbaikan kebijakan dan pelaksanaan pembangunan. Temu Wicara dengan Tajuk “Gunungkidul Membangun” putaran ketiga diikuti dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Saptosari, Kecamatan Panggang,dan Kecamatan Purwosari yang melibatkan Unsur Muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama  di laksanakan di aula Kecamatan Panggang, pada Jum”at (06/09).



Kegiatan Temu Wicara pada putaran ke tiga ini di pimpin oleh Wakil Bupati Dr. H. Imawan Wahyudi, M.H., di dampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Azman Latif, Kepala Bappeda Sri Suhartanta, Kepala Dinas PUPR Edy Praptono, Kepala Dinas Pariwisata Saryanto, Kepala Bidang IKP Diskominfo Hadi Hendro Prayoga, S.I.P., beserta staf, Kepala Bagian Protokol dan Rumah Tangga Setda Susila Marwanta, S. Sos. Turut hadir pula anggota DPRD Komisi A, Bpk. Sarmidi, S.E.  

Sejalan dengan upaya di berbagai bidang untuk mencapai Visi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, yaitu “Mewujudkan Kabupaten Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya, menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri dan sejahtera Tahun 2021”, kita layak dan optimis dengan berbagai indikator yang ada bahwa Gunungkidul berada pada jalur yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini terlihat antara lain dengan  jumlah kunjungan  wisatawan ke Gunungkidul, dimana hingga akhir September Tahun 2017 telah mencapai 2.636.431 (dua juta enam ratus tiga puluh enam ribu empat ratus tiga puluh satu) orang, dengan PAD sekitar 21,4 Miliar rupiah. Juga rilis BPS menyatakan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016 adalah 19,34% yang berarti menurun lebih dari 2% dibanding angka pada Tahun 2015.

Sebagai prasyarat utama pembangunan adalah kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, untuk itu diharapkan peran serta semua pihak untuk selalu mengutamakan nilai-nilai kerukunan, gotong-royong, dan kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari, termasuk menjaga kerukunan dan saling menghormati antar dan intern umat beragama yang selama ini telah berjalan baik di masyarakat Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan untuk penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa, diharapkan Dana Desa dari Pemerintah Pusat dapat dimanfaatkan secara optimal, transparan dan akuntabel, untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat sesuai ketentuan, serta diharap perhatianya secara khusus kepada Desa yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bantul untuk selalu menjaga komunikasi dan hubungan baik, apa bila dimungkinkan dijalin kerja sama antar desa sesuai potensi dan permasalahan yang ada.

Pemerintah daerah mengucapkan dan memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh lapisan masyarakat atas peran serta dan dukungannya terhadap berbagai program dan kebijakan dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Tanpa dukungan dan peran serta masyarakat, tidak akan tercapai target pembangunan yang telah ditetapkan. Pemerintah daerah meminta dukungan program yang akan berjalan kedepan diantaranya program Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV), yang merupakan upaya pencegahan kanker serviks bagi perempuan usia produktif, Imunisasi ini dengan sasaran siswi kelas V tingkat SD. Program imunisasi HPV ini merupakan bentuk penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI atas capaian Gunungkidul dalam berbagai program imunisasi sebelumnya.

Adapun apresiasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Gunungkidul didapatkan dari berbagai pihak antara lain;

  1. Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diperoleh tiga penghargaan yaitu : Kabupaten Layak Anak Tahun 2017, Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak Tahun 2017, dan Upaya Pencegahan Perkawinan Anak Tahun 2017.
  2. Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos., sebagai KOMUNIKATOR TERBAIK 2017 untuk kategori Bupati, dari Majalah PR Indonesia, Setelah melalui serangkaian proses penjurian berdasarkan penelusuran Intelegent Media Management terhadap 13 media cetak nasional.
  3. Bupati Gunungkidul HJ. Badingah, S.Sos., sebagai Pembina BPR Terbaik di Indonesia 2017, pada acara Anugerah Bank Perkreditan Rakyat Indonesia V-2017, yang diselenggarakan di Singapura pada 23 Agustus 2017, bekerja sama dengan Majalah Economic Review.
  4. PD BPR BDG mendapatkan Peringkat – 2 BPR terbaik di Indonesia dengan asset 250-500 Miliar rupiah untuk BPR dengan status kepemilikan olen Pemerintah Daerah, pada acara Anugerah Bank Perkreditan Rakyat Indonesia V-2017, yang diselenggarakan di Singapura pada 23 Agustus 2017 bekerja sama dengan Majalah Economic Review.
  5. Majalah Infobank juga memberikan Anugerah Golden Award 2012-2016 kepada PD BPR BDG dengan predikat “Sangat Bagus” atas kinerja keuangan selama Tahun 2012-2016.
  6. Kesepakatan Bedrsama dengan Kepolisian Daerah DIY dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tentang Pembinaan Sumber Daya Manusia dan Pemeliharaan Kamtibmas di Kabupaten Gunungkidul, yang ditanda tangani pada Selasa, 03 Oktober 2017

Pelaksanaan kegiatan Temu Wicara Bupati ini juga akan di publikasikan dengan siaran tunda melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Swara Dhaksinarga 89.9 FM, yang merupakan Radio milik Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul.(tim_ikp)

 

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar