Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  126       Komentar  0
08 Oktober 2018 14:38:17

Sedekah Laut Pantai Baron adalah wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa


Gunungkidul - Ratusan nelayan ikuti upacara tradisi sedekah laut yang diselenggarakan di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Senin (8/10). Doa keselamatan dan rejeki melimpah dipanjatkan dalam kegiatan tersebut.



Salah satu tokoh masyarakat Desa Kemadang, Ngatno, 59, mengatakan kegiatan ini telah berlangsung secara turun temurun. Adapun tujuan dari upacara ini sebagai tanda terimakasih atas limpahan rejeki dan keselamatan yang diberikan Tuhan kepada para nelayan.

Lebih lanjut Ngatno mengatakan, kegiatan ini juga sebagai sarana memanjatkan doa agar warga khususnya nelayan di Pantai Baron selalu diberi keselamatan dan hasil tangkapan ikan melimpah.

"Memang sedekah laut khususnya di Pantai Baron ini sudah menjadi tradisi dan adat. ini sudah berlangsung dari nenek moyang kami sebagai tanda terimakasih kepadaTuhan atas rejeki untuk kami," ucapnya usai acara.  



Kegiatan tradisi budaya yang berlangsung sejak tengah hari tersebut, panitia menyediakan tujuh gunungan yang berisi beraneka macam hasil bumi dan laut. Gunungan tersebut diarak oleh ratusan nelayan yang mengenakan pakaian adat. Di dalam gunungan, selain hasil bumi, juga ada kepala kerbau yang memiliki filosofi kebodohan yang harus dibuang.

"Kerbau itu simbol kebodohan. Selain kerbau sebenarnya bisa juga kepala kambing atau ayam. Secara maknawi yang dilarung itu pikiran bodohnya, dan kepala itu sebagai simbolnya," jelas Ngatno.

Dalam proses pelarungan sendiri melibatkan 13 kapal nelayan. Kapal tersebut telah menunggu di pinggir pantai untuk kemudian menjadi tempat gunungan. Setelah itu kapal menuju tengah laut, dan gunungan lantas dilarung.

Ngatno menambahkan, selain sebagai tradisi, kegiatan ini juga menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan. Imbasnya akan meningkatkan perekonomian warga sekitar. Hal ini juga sejalan dengan visi misi Gunungkidul yang gencar mengembangkan pariwisata.

Selain sedekah laut sejumlah kegiatan lain yang nyaris serupa di Pantai Baron adalah adanya tradisi Sadranan dan malam satu suro.

Di lokasi yang sama, Ketua Nelayan Pantai Baron, Sumardi mengatakan upacara sedekah laut ini bertujuan supaya nelayan selalu diberi keselamatan  saat beraktivitas di laut. Selain itu penyampaian  doa agar dilimpahkan rezeki dilakukan.  
"Intinya kami berdoa kepada Tuhan, tapi medianya upacara ini," jelasnya.

Dikatakan Sumardi akhir-akhir ini hasil tangkapan nelayan lumayan banyak khususnya panen ikan tongkol. Atas hal itu ucapan terimakasih kepada sang kuasa melalui upacara sedekah laut menjadi relevan baginya.



Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar