Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  111       Komentar  0
01 September 2017 11:44:53

Penandatangan Pakta Intergitas Kepala Perangkat Daerah dan Pengukuhan Agen Perubahan Kabupaten Gunungkidul


Gunungkidul-Reformasi Birokrasi merupakan sebuah keharusan di era sekarang, sejalan dengan tuntutan masyarakat terhadap transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good governance). Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul  menyelenggarakan acara Pembaharuan Penandatanganan Pakta Integritas untuk  46 Kepala Perangkat Daerah dan Pengukuhan Agen  Perubahan  sejumlah 48  Aparatur Sipil Negara, pada Kamis,  tanggal 31 Agustus 2017,  bertempat di Bangsal  Sewoko Projo,  Wonosari. Acara dipimpin langsung Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S,Sos.,  disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), anggota Forkompimda,  Ketua DPRD,  dan Tamu Undangan. Acara dilaksanakan sekaligus untuk memberi makna berkaitan dengan momentum peringatan pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012  tentang Keistimewaan DI. Yogyakarta.



Pembaharuan Penandatanganan Pakta Integritas Kepala Perangkat Daerah  dan Pengukuhan Agen Perubahan  juga merupakan bentuk upaya membangun komitmen sekaligus konsensus bersama seluruh pemangku kepentingan untuk untuk melaksanakan reformasi birokrasi di Kabupaten Gunungkidul secara konsisten, dalam mewujudkan Misi yang pertama RPJMD (Perda Nomor 4 Tahun 2016),  yaitu : ”Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).“ Adapun Pelaksanaan reformasi birokrasi di Kabupaten Gunungkidul, telah diatur dalam Peraturan Bupati Gunungkidul  Nomor 34 Tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Pemerintah  Kabupaten Gunungkidul 2015-2019.

Penandatanganan Dokumen Pakta Integritas oleh Kepala Perangkat Daerah dan Aparatur Sipil Negara, adalah wujud pernyataan atau  janji kepada diri sendiri  untuk berkomitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang, dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan,  dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.  Adapun Tujuan Pakta Integritas adalah untuk memperkuat Komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan Korupsi; menumbuhkembangkan kejujuran, serta memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efisien, dan akuntabel; dan mewujudkan pemerintahan dan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, bertanggungjawab dan bermartabat  dengan dilandasi oleh nilai-nilai luhur budaya bangsa, UUD RI 1945, dan Pancasila. Hal ini sekaligus untuk mendukung Tema Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke72 , yaitu  “Bekerja Bersama”, yang berarti esensi dan ajakan kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi dan mengedepankan asas kebersamaan.

Para penandatangan Dokumen Pakta Integritas sekaligus merupakan “Role Model”, yaitu  individu yang dapat dijadikan contoh dalam prestasi kerja, pola pikirnya (mind set), dan budaya kerja (cultur set) dalam proses perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan seluruh Kepala Perangkat Daerah  dan Aparatur Sipil Negara yang dipilih sebagai Agen Perubahan sebagai Role Model, kedepan diharapkan   Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dapat mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

Untuk mewujudkannya hal tersebut di atas,  dari aspek regulasi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah mengeluarkan 2 (dua) Kebijakan Daerah dengan mendasarkan pada  Peraturan Menteri PAN dan  RB Nomor:  10 Tahun 2011 tentang Pedoman  Pelaksanaan Program  Manajemen Perubahan.  Dua regulasi tersebut yaitu, Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor: 154/KPTS/TIM/2017  tentang Pembentukan Tim Pengelola Perubahan Di Lingkungan Pemerintah Daerah  tertanggal 18 Juli 2017; dan Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor:  204/KPTS/2017 tentang Penunjukan Agen Perubahan di Lingkungan Pemerintah Daerah,tertanggal 15 Agustus 2017.

Salah satu faktor penting lain dalam perubahan pola pikir dan budaya kerja di lingkungan Perangkat Daerah  adalah adanya keteladanan berperilaku nyata dari pimpinan dan individu ASN, apalagi masyarakat kita lekat akan budaya dan nilai kepatuhan terhadap pimpinan. Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah juga mempunyai lingkar pengaruh luas, sehingga perilaku pimpinan akan menjadi  contoh bagi bawahan untuk bertindak dan berperilaku. Perilaku pimpinan yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut organisasi akan memudahkan usaha untuk mengubah perilaku bawahannya. Selain unsur pimpinan, untuk mempercepat proses perubahan kepada seluruh individu anggota organisasi, sangat diperlukan beberapa individu  untuk menjadi unsur penggerak utama perubahan yang sekaligus dapat menjadi contoh dalam berperilaku bagi seluruh individu anggota organisasi yang ada. Inilah yang dinamakan Agen Perubahan Organisasi.(tim_ikp)





Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar