Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  159       Komentar  0
08 Agustus 2018 19:38:42

Dandim 0730/GK: TMMD Sebagai Wahana Gelorakan Semangat Gotong royong, Rasa Cinta Tanah Air


Gunungkidul - Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke 102 Tahap II Tahun Anggaran 2018 dilaksanakan di Lapangan sepak bola Dusun Sawahan, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Rabu (08/08). Ditandai dengan penandatangan naskah dan penyerahan hasil dari Komandan Kodim 0730/Gunungkidul, Letkol. Inf. Muh Taufik Hanif Y, kepada Bupati Gunungkidul, Hj Badingah, SSos.



Dandim  0730/GK Letkol Inf Muh. Taufik  Hanif  Y.  SSos, menjelaskan, pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasioanal nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran, selain itu TMMD merupakan wahana untuk menggelorakan semangat gotong royong, dan rasa cinta tanah air, serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan generasi milenial.

Lebih jauh Dandim menambahkan titik fokus pembangunan nasional untuk mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan. Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan adalah melaksanakan kegiatan TMMD ke-102 TA 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 juli sampai dengan 08 Agustus 2018, dengan 100% kegiatan dapat terselesaikan, baik sasaran fisik maupun non fisik.



TMMD tahun 2018 ini, secara menyeluruh mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah setempat antara lain; Dinas Kesehatan,  Dinas Pertanian,  Dinas Sosial,  Kehutanan,  Dinas PUPR, Dinas Kominfo, Kejaksaan dan Polri. Untuk mencapai  sasaran fisik,  kita berupaya menjawab masalah infrastruktur jalan desa terpencil atau terisolir,  masalah fasilitas umum serta rendahnya kwalitas hidup masyarakat.
Sedangkan sasaran non fisik adalah menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu disintegrasi bangsa yang mengarah konflik sosial.  Untuk mencapai hal tersebut Satgas TMMD bersinergi dengan instansi terkait melaksanakan penyuluhan tentang hukum,  wawasan kebangsaan (wasbang),  kerukunan umat beragama serta bahaya narkoba, paham radikal, dan edukasi Teknologi Informasi tentang Pencegahan Penyalahgunaan Media Sosial.





Kegiatan TMMD ini juga bekerja sama dengan Kemenpora RI guna menyukseskan program unggulan pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD)  yaitu dengan meningkatkan kemandirian generasi muda di pedesaan dengan turut serta secara aktif membantu kegiatan fisik dan non fisik.

Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat UU TNI nomor 34 tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah.

Dandim berharap, masyarakat untuk selalu meningkatkan semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa dalam menjaga imunitas bangsa, guna menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan tehadap kedaulatan dan keutuhan NKRI.

"Pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

"Pelihara hasil program TMMD ke 102 ini agar manfaatnya dapat dinikmati masyarakat dalam jangka yang panjang," tutupnya.

Acara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 dihadiri Forkopimda, Kasiren Korem 072/Pmk, Kepala Perbankan dan Forkopimca. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan prasasti dan peninjauan lokasi pekerjaan program TMMD.



Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

04 Agu 2018 s.d 20 Agu 2018
Agenda Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

08 Mei 2018 s.d 12 Mei 2018
Pentas Panggung Kesenian Hari Jadi ke-187 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun-Alun Wonosari

 

12 Apr 2018 s.d 27 Mei 2018
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187 Tahun 2018
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar