Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  152       Komentar  0
15 Juni 2017 09:04:37

Pemerintah Salurkan PKH Tahap I


Gunungkidul - Dalam rangka meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan yang masih menjadi permasalahan utama, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul memberikan perhatian khusus dengan upaya skala prioritas melalui program-program jangka pendek yang bersifat sementara serta program jangka panjang untuk.memutus rantai kemiskinan generasi mendatang. Salah satu program yang diberikan kepada masyarakat adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang diwujudkan dengan pemberian bantuan tunai dan bersyarat bagi keluarga penyandang permasalahan sosial. Ekses dari pada Program Keluarga Harapan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 hingga saat ini terus mengalami perubahan dan pengembangan komponen yang secara otomatis merubah jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Sosial, Rabu (14/06) menyelenggarakan Penyaluran PKH Tahap I Tahun 2017 di Balai Desa Gari Kecamatan Wonosari, yang secara simbolis diserahkan oleh Bupati Hj. Badingah, S.Sos.

Dihadapan Bupati, Kepala Dinas Sosial Gunungkidul, Dra. Siwi Irianti, M.Si melaporkan bahwa pelaksanaan penyaluran PKH Tahap I Tahun 2017 berdasarkan keputusan Dirjen Linjamsos No. 02/LJS/01/2017 yang disalurkan melalui PT. Bank Mandiri Tbk yang sebelumnya melalui PT. Pos Indonesia.

Dijelaskan Siwi Irianti, tujuan Pemerintah memberikan PKH yaitu, dalam jangka pendek PKH mampu mengurangi beban pengeluaran rumah tangga dan untuk jangka panjang merupakan investasi generasi masa depan yang lebih baik dengan melalui peningkatan kesehatan dan pendidikan sehingga mampu memutus rantai kemiskinan. Sasaran Keluarga Penerima Manfaat pada tahap I tahun 2017 sebanyak 60.534 yang tersebar di delapan belas kecamatan, dengan setiap Keluarga Penerima Manfaat akan mendapatkan kartu ATM Mandiri dan Nomor PIN. Penyaluran PKH dilaksanakan secara serentak pada tanggal 14 s/d 16, 19 dan 20 Juni 2017 melalui dua puluh lima tutuk lokasi antara lain dua balai dusun, dua belas balai desa, dan sebelas aula kecamatan dengan mempertimbangkan jumlah KPM dan kekuatan sinyal internet.

Adapun besaran dana yang diterima Keluarga Penerima Manfaat dengan komponen pendidikan dan kesehatan (ibu hamil balita dan anak sekolah) sebesar Rp. 1.890.000 per tahun, kemudian Keluarga Penerima Manfaat dengan komponen kesejahteraan sosial (lansia) sebesar Rp. 2.000.000,-. “Perubahan sistem penerimaan tunai menjadi non tunai secara bertahap tidak lain adalah sebagai upaya edukasi menabung kepada Keluarga Penerima Manfaat.” tegas Siwi.



 


 


Dalam sambutanya Bupati Gunungkidul berharap agar Keluarga Penerima Manfaat dapat menerima dengan penuh rasa syukur berapapun uang didapat, ini adalah salah satu wujud perhatian pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.  Program Keluarga Harapan ini dilandasi dengan tujuan baik dan mulia yang tidak lain sebagai salah satu alat untuk keluar dari belenggu kemiskinan. “Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat agar berhati-hati dalam memanfaatkan bantuan, pergunakan dengan benar dan bertanggung jawab demi masa depan anak-anak sebagai generasi penerus kita.” pungkasnya.

Hadir pada acara penyaluran PKH Tahap I Tahun 2017, Bupati Gunungkidul, Kepala Dinas Sosial Gunungkidul, Camat beserta Musplika Kecamatan Wonosari dan Kepala Area Head Bank Mandiri Yogyakarta, Rudi Asasturridha beserta jajarannya.(tim_ikp*)

Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar