Kabupaten Gunungkidul

Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Daerah

Informasi Kabupaten Gunungkidul



Dilihat  139       Komentar  0
24 Agustus 2017 16:24:06

Peresmian Sumur Bor di Desa Ngleri oleh Badan Geologi Kementrian ESDM


Gunungkidul - Masyarakat rawan air bersih di Desa Ngleri, Kecamatan Playen, saat ini telah memiliki sarana dan prasarana air bersih melalui pengadaan bantuan sumur bor dari Badan Geologi, Kementerian ESDM. Sumur bor yang dibangun sejak tahun 2016 ini, diresmikan pada Rabu, (23/08) oleh Plt. Kepala Badan Geologi, yang diwakili Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Ir. Andiani, M.T., di area sumur bor, yang berada di Padukuhan Ngleri Lor.

Sumur bor di Desa Ngleri ini memiliki spesifikasi kedalaman 127 m, dengan konstruksi pipa galvanis berdiameter enam inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 10 kVa = 8 kWatt, menggunakan pompa selam (submersible) 3 PK, dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa, dan bak penampungan air berkapasitas 5000 liter.

Turut hadir pada acara peresmian sumur bor kali ini, Wakil Bupati Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H., Sekretaris Daerah Ir. Drajad Ruswandono, M.T., beserta jajaran  kepala OPD, Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi, Kementerian ESDM Ir. Andiani, M.T., Anggota Komisi VII DPR RI H. Agus Sulistiyono, S.T., M.T., Kepala Dinas PU-ESDM Propinsi DIY, Camat dan unsur Muspika Kecamatan Playen, tokoh masyarakat, dan tamu undangan.



Disela acara Kepala Desa Ngleri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Geologi Nasional dan juga Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan sumur bor air tanah tersebut. "Ini sebuah program yang sangat luar biasa berharga bagi kami bersama warga, dengan dibangunnya sumur bor ini akan mngentaskan 100 kk lebih dari masalah air bersih". Diharapkan di waktu mendatang Desa Ngleri akan mendapatkan kembali bantuan sarana dan prasarana lagi baik  berupa sumur bor maupun sarana yg lainnya. Disampaikan bahwa selain pembangunan sumur bor, di Desa Ngleri akan disusul dengan program-program pembangunan sarana yg lain, salah satunya pembangunan jembatan Wonolagi. dengan harapan ini semua akan menumbuhkan ekonomi kreatif bagi warga masyarakat, pungkasnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Immawan menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus berupaya menyelesaikan permasalahan air bersih dengan membangun sarana dan prasarana air bersih, bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi DIY dan Pemerintah Pusat. Salah satunya dengan terus memperbaiki dan membangun infrastruktur PDAM Tirta handayani. Diharapkan masyarakat untuk dapat merawat dan memanfaatkan sarana air bersih yang sedang diresmikan ini dengan sebaik-baiknya agar seluruh lapisan masyarakat dapat memanfaatkan secara adil dan merata, pungkasnya.

Dihadapan para tamu undangan, anggota Komisi VII DPPR RI Agus Sulistiyono mengutarakan "kami selaku wakil rakyat akan terus berusaha berjuang merealisasikan untuk kesejahteraan warga masyarakat, akan tetapi saya sampaikan bahwa asas pemerataan itu yang paling kami utamakan, sumur bor ini adalah aspirasi dari masyarakat, kami perjuangkan dan kami amankan, serta kami kawal. Dan alhamdulillah tahun ini mendapatkan dua tempa, yaitu di Desa Ngleri, Kecamatan Playen dan di Desa Beji, Kecamatan Ngawen, saya titip agar dikelola dengan baik, ini adalah amanah jika perlu dibentuk kepengurusan untuk kelancaran pemanfaatannya, tegas Agus. Semoga kita semua yang hadir disini dicatat sebagai amal ibadah dan akan dimudahkan segala hal, pungkasnya.

Diakhir acara laporan dari Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Ir. Andiani, M.T., menyampaikan secara keseluruhan pada tahun 2016, Badan Geologi Kementerian ESDM telah membangun sebanyak 197 unit sumur bor di seluruh wilayah Indonesia. Dimana wilayah Propinsi DIY dibangun sebanyak enam unit sumur bor, yaitu dua unit di Kabupaten Gunungkidul, lainya di Kulon Progo, Bantul, dan Sleman. Diharapkan dengan adanya pembangunan sarana prasarana air bersih ini dapat melayani kebutuhan air bersih bagi warga masyarakat, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai pertanda diresmikannya sumur bor oleh Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, didampingi Wakil Bupati, Anggota Komisi VII DPR RI, Camat Playen, dan Kepala Desa Ngleri. (tim_ikp)



Aspirasi Warga

19 Januari 2017 00:47:36
Sering terjadi Kecelakaan

 

30 Desember 2016 06:22:08
Bahaya parkir pasar argosari

 

09 Desember 2016 09:45:11
Sistem Informasi desa

Agenda Kegiatan

05 Agu 2017 s.d 12 Agu 2017
Agenda Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 Tahun 2017 Kabupaten Gunungkidul
Lokasi: Alun - alun Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul

 

05 Mei 2017 s.d 27 Mei 2017
Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-186
Lokasi: Kabupaten Gunungkidul

 

01 Mei 2017 s.d 15 Jun 2017
PEMILIHAN DIMAS DIAJENG GUNUNGKIDUL 2017
Lokasi: Dinas Pariwisata Gunungkidul

Layanan


Perangkat Daerah


Mitra


Komentar

 

*harap diisi

 
 
Total 0 Komentar