:: Selamat datang diKabupaten Gunungkidul ::
Selamat Datang di Kabupaten Gunungkidul

.:: Berita Daerah ::.
Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, perlu memperkuat kualitas tenaga terdidik untuk mengatasi persoalan kemiskinan di daerah ini .

Dosen jurusan sosiologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Arie Sudjito saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu (14/9), mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan di Gunung Kidul yang identik dengan daerah tandus dan kering tidak harus menggunakan jalan urbanisasi ke perkotaan.

Menurut dia, pemkab setempat hendaknya berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terdidik agar berkontribusi menyelesaikan masalah kemiskinan.

Salah satu upaya pemanfatan tenaga terdidik, kata dia, adalah pemkab harus berani membenahi sistem perekrutan pegawai negeri sipil (PNS).

"Dalam perekrutan salah satu tenaga terdidik ini pemkab harus benar-benar memperhatikan kualitas dan kompetensi calon pendaftar," kata dia.

Dengan begitu, kata dia, Gunung Kidul, akan memperoleh SDM yang profesional dan mampu menyelesaikan persoalan teknis di lapangan yang berkaitan dengan program pengurangan kemiskinan.

Ia mengatakan pemanfaatan tenaga terdidik ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi laju urbanisasi warga Gunung Kidul menuju perkotaan yang semakin cepat.

"Jika potensi SDM lokal dikembangkan dengan baik, maka Gunung Kidul lambat laun bisa menyelesaikan masalah kemiskinan," katanya.

Untuk mencapai hal itu, syaratnya, pemkab setempat, kata dia, harus memiliki komitmen yang kuat dengan menjalankan program secara berkelanjutan.

Selain membenahi perekrutan tenaga terdidik, kata dia, pemkab harus terus memperbanyak lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) sehingga kalangan warga di kabupaten ini memiliki bekal keterampilan untuk saat mendaftar sebagai pencari kerja maupun mendirikan usaha secara mandiri.

"Pemkab perlu menggandeng pengusaha lokal untuk memberdayakan siswa lulusan SMK untuk menekan angka pengangguran," kata dia. (kr/mc)
| dibaca 1910 kali | 00/00/0000 00:00 WIB
Total Konten : -
Halaman